Selasa, 06 Maret 2012

Nikmatnya makan siang bersama Siput Gung-Gung


Ini kenapa saya jadi mostingin makanan terus tiap hari???? Padahal tadi malem mimpiin paper :( BAB I udah jadi, sekarang lg nyicil teori n mikirin metode.. tapi gak ada yg bs ditanyain jadi bingung.. Ya sudahlah... Kali ini siap2 'ngiler' karena satu ini benar-benar SPESIAL! Khas Bangka Belitung selain Lempah Kuning dan Lempah Darat. Oh iya, saya belum mosting lempah darat. Kapan2 aja deh :)

Siput gung2 termasuk ke dalam jenis siput, tapi beda jauh sama siput yg biasa di sawah atau tempat lembab itu. Cangkangnya putih kecokelat-cokelatan, bisa kita temukan di perairan menuju ke pantai.  Okeh, saya tidak akan menjelaskan panjang lebar dimana kita bisa menemukan siput gung2 ini. Kalau ingin mudah, pergilah ke pasar, dan anda akan mendapatkannya dengan harga Rp 8000/kg <harga tadi pagi>. Siput gung2 ini juga sering diolah menjadi keripik sebagai oleh2 makanan khas Bangka-Belitung. Siput gung2 rebus  merupakan menu makan siang saya hari ini. Bukan Ibu' yg masak, tapi salah seorang Bibi saya yg rumahnya tak jauh dari rumah saya. Tadi ada telepon  dari Bibi'
Bibi: Udah makan Fa?
Saya: Belum, he
Bibi: ke rumah, makan bareng. Ada siput Gung2 nih.

Wah, kebetulan sekali fikir saya, entah sudah berapa lama tidak makan siput gung2 ini :)
Pengolahannya termasuk mudah, hanya di cuci bersih, direbus dan tambahkan sedikit garam. Nikmati dengan  nasi putih panas dan 'colet' sambal jeruk atau kecap yg diiris bawang dan cabai:) Makannya pake' tangan, jangan pake sendok...biar lebih mantapsss!

*Hei hei, jangan kebanyakan makan ini, kolesterolnya tinggi. Kurang baik juga dikonsumsi berlebihan sama penderita  darah tinggi. Kalo' saya mah gpp, gak mkan ini jg darah sudah 'tinggi :p *


biasanya, isinya dikeluarin pake peniti yg steril
Ini dagingnya belum dikeluarin






2 komentar:

Give Up

They might not know, I've given up so many things in my life. I gave up my love, and I might give up on my dreams too...I think I've...